Cara mengatasi ngatuk di kelas

 
 
Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Belajar Di Kelas - Mengantuk adalah suatu hal yang sulit untuk di hindarkan bila sudah menjalar ke otak. biasanya ngantuk di sebabkan karena kurang tidur atau aktivitas begadang pada  malam hari. Hal semacam ini memang kerap kali di alami oleh mahasiswa, karena tidak terlalu memperhatikan akibat dari aktifitas yang dilakukan seperti begadang dan lain sebagainya.
Banyak cara yang bisa di lakukan agar rasa ngantuk tidak terjadi pada saat sedang belajar di kelas ( kuliah ). Nah dan pada artikel saya kali ini akan membahas tentang hal itu, jadi mohon di simak dengan sebaik-baiknya.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan agar anda tidak merasakan ngantuk pada saat belajar.!
Sarapan dengan porsi yang pas
Sarapan pagi memang sangat baik untuk dilakukan agar konsentrasi belajar dapat terjaga dengan baik. namun perlu di ketahui bahwa sarapan juga memiliki porsi yang baik loh, seperti apa porsi yang baik? yaitu sarapan dengan secukupnya jangan sampai perut anda buncit gara-gara sarapan pagi, sehingga akibatnya pada saat belajar anda akan merasakan kantuk.
Memperhatikan dosen mengajar dengan baik
Biasakan diri untuk mengikuti pelajaran dengan serius, walaupun terkadang dosen menjelaskan dengan gaya yang berbeda-bedaa. ada dosen yang ketika menjelaskan dengan baik sehingga membuat kita menjadi lebih menikmati pelajaranya, namun ada juga dosen yang ketika mengajar malah membuat mahasiswa menjadi lmah alias ngantuk. semua tergantung anda menyikapinya, ingatlah bahwa anda sekolah menggunakan biaya bukan gratis jadi perhatikanlah plajaran dengan baik. toh kasia juga orang tua anda bersusah payah mencari uang untuk menyekolahkan anda.

Aktif belajar dikelas
Keaktifan pada saat belajar di kelas juga dapat mencegah terjadinya rasa ngantuk. wajar saja ngantuk akan hilang bila aktif belajar di kelas, itu karena otot saraf akan merasa tegang. jadi berusahalah sebisa mungkin agar otot saraf anda menjadi tegang, misalnya dengan cara aktif dalam berbicara pada saat kegiatan belajar mengajar.
Membaca buku yang bersangkutan dengan materi
Membaca juga adalah salah satu cara agar tidak mengantuk pada saat belajar di kelas, karena dapat membuat pikiran menjadi terarah kepada apa yang anda baca. namun tentu harus membaca buku yang berkaitan tentang apa yang anda plajari saat itu, agar dosen anda tidak merasa marah.
Memakan permen karet
Walaupun terkadang mahasiswa dilarang makan permen di kelas, cara ini sangat manjur sekali untuk mengatasi rasa kantuk pada saat sedangkuliah. Saran saya agar tidak diketahui oleh dosen adalah jangan memperlihatkan diri anda memakan permen, seolah-olah anda tidak memakan permen, untuk itu pada saat makan permen tutub bibir anda menggunakan buku misalnya supaya tidak di lihat dosen.
Meminta izin untuk cuci muka
Kalau rasa kangtuk sudah tidak bisa tertahakan maka cara terakhir adalah dengan cara meminta izin kepada dosen untuk keluar sejenak mencuci muka agar merasa fresh kembali. Saya rasa bila anda memberi tahu alasan anda keluuar dengan jujur kepada dosen pasti iya mengizinkan kok.
Tips di atas tentunya dapat bermamfaat bagi anda. terimakasih sudah membaca artikel saya tentang "Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Belajar Di Kelas" jangan lupa follow blog ini dan juga berlangganan artikel gratis di blog ini agar artikel terbaru saya dapat anda baca lagi.