CARA CERDAS MENINGKATKAN DRIBBLE BASKET




Untuk meningkatkan dribbling dalam bermain bola basket memang sangat penting.Karena dribbling adalah suatu tehnik dasar dalam permainan bola basket.Bentuk latihan dribbling berbagai situasi seperti dribbling beranting,dribbling dengan bertukar tangan, dan masih bnyak macamnya.Dalam latihan ini pemain pemain tidak mengarahkan pandangannya ke bola,sehingga dalam menghadapi permainan yang sesungguhnya pemain bisa melihat dengan bebas pergerakan lawan yang muncul diluar dugaan.Pada saat dribbling bola harus selalu dilindungi kemungkinan dari
sergapan lawan,dan bola dilindungi oleh tubuh.Dengan begitu kita bisa melihat situasi permainan dengan baik,bentuk latihan dibawah ini akan membantu anda meraih kepercayaan diri dan keahlian dalam mendribbling bola basket.
LATIHAN MENINGKATKAN DRIBBLE BOLA BASKET



1.Latihan dribbling beranting

Dalam melakukan latihan ini pemain dibagi menjadi dua kelompok yang sama jumlahnya,masing-masing kelompok membawa bola dengan tangan kiri,pada saat penyerahan bola harus dilakukan dibelakang garis start.Dribbling dilakukan sambil mundur supaya diperoleh feeling yang bagus terhadap bola.Kemudian pada waktu kembali ke start dribbling dilakukan dengan tangan yang kurang bagus misalnya biasanya anda melakukan dengan tangan kiri maka gunakanlah tangan kanan.

2.Latihan dribbling sambil melingkar

Cara melakukan latihan ini setia pemain membawa bola dengan tangan kanan,berputar mengelilingi lingkaran tengah.Pada saat berputar muka menghadap ketengah lingkaran setelah itu dribbling dilakukan dengan tangan kiri berputar mengikuti arah jarum jam.

3.Latihan dribbling segi empat

Cara melakukan latihan ini buatlah kelompok pemain dengan beriringan membawa bola dengan tangan kanan mengelilingi ruangan latihan.Setelah satu putaran arah dribbling berbalik dan menggunakan tangan kiri.

4.Latihan dribbilng dengan lawan operan

Pemain melakukan lari bolak balik sambil mengoper bola,sementara itu pemain lainnya melakukan dribbling dengan menempuh jarak yang sama.Pemain bertukar posisi sampai semua mendapatkan giliran.

5.Latihan dribbling dengan menepis bola lawan

Masing-masing pemain membawa bola semua melakukan dribbling secara serempak sambil menepis bola pemain lain.Akan tetapi gerakan dribbling tidak boleh terlepas.Setiap pemain yang bolanya berhasil ditepis oleh pemain lain harus berhenti bermain.

6.Dribbling dengan menutup mata

Latihan dengan menutup mata sambil melakukan dribble dengan power kurang lebih selama 2 menit.Latihan ini dapat membantu anda agar lebih merasakan bola basket

7.Latihan dribble sambil berjalan

Latihan ini dilakukan dengan power dribble melalui sela-sela kaki sambil berjalan ,apabila sudah dirasa bisa maka lakukanlah dengan langkah yang lebih cepat.

8.Latihan dribble sprint

Latihan ini dilakukan dengan cara mendribble bola sambil lari dilakaukan,lakukan secepat mungkin latihan bertujuan untuk melatih kecepatan pada saat anda mendribble bola sambil berlari.

9.Latihan otot tangan

Latihan dengan mendribble bola menggunakan salah satu tangan secara bergantian,lakukanlah kurang lebih selama 20 detik,lalu ulangi berkali-kali dengan tujuan untuk melatih otot tangan saat mendribble

10.Latihan dribble dengan dua bola

Lakukan latihan dribble dengan menggunakan dua bola latihan ini sekaligus membantu meningkatkan kekuatan tangan ketikan mendribble dan meningkatkan kontrol dribble.

Demikianlah cara cedas untuk meningkatkan dribble basket agar anda lebih percaya diri dalam bermain basket.Saat latihan harus sungguh-sungguh dan lakukanlah secara rutin.Semoga artikel diatas bermanfaat.Share kepada teman-teman anda,Olahraga Pedia akan selalu memberikan informasi tentang olahraga,ikuti terus postingan selanjutnya.Terima Kasih.