cara menghemat kuota internet smartphone



7 Cara Menghemat Kuota Internet/Data di Smartphone – Dikesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara menghemat kuota data internet di android. Mungkin cara yang satu ini masih belum banyak yang mengetahui, padahal cara ini sangat lah penting untuk anda ketahui agar kuota data internet anda tidak terlalu boros. Kuota internet atau kuota data memang sangat penting untuk para pengguna ponsel pintar seperti android, iOS, windows phone, dan lain sebagainya, pasalnya dengan adanya kuota internet anda bisa melakukan segala aktivitas seperti browsing internet, bbm, facebook, line, dan masih banyak lagi yang lainya. Saat ini banyak sekali operator yang menawarkan paket internet dan harganya pun bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Anda harus pintar memiliki paket internet dan harus bisa menghematnya juga, agar pengeluaran tidak terlalu banyak. Jika anda tidak bisa menghemat pake internet, silahkan baca artikel ini cara menghemat pake internet di android terbukti ampuh.

7 Cara Menghemat Kuota Internet/Data di Android :

1. Gunakan Google Chrome (data server) untuk Browsing Internet

  • Cara pertama menghemat kuota data internet yakni dengan menggunakan chrome browser, dengan mengaktifkan fitur data saver. Nah untuk mengaktifkan Data Server silahkan buka Setting//Data Saver//ON. Fitur yang satu ini akan mengompres data sampai 50%, hal tersebut untuk menghemat kuota data internet anda.

2. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi

  • Cara menghemat kouta data internet dapat dilakukan dengan non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak anda pakai. Untuk non-aktifkan opsi sinkronisasi silahkan anda pergi ke menu Setting//Accounts//lalu pilih akun yang tidak ingin di sinkronisasi. Cara yang satu ini mampu menghemat kuota data internet anda, pasalnya aplikasi tersebut tidak secara otomatis akan tersambung ke jaringan internet.

3. Kurangi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Perintahnya

  • Pasti anda juga mengetahui yang namanya fitur limit system dan data usage warning. Anda dapat memanfaatkan fitur kedua ini agar dapat mengetahui pemakaian data anda yang telah melampaui batas. Nah untuk memakai fitu kedua ini anda pergi ke menu Settings//Data usage //Celular data //lalu Set cellular data limit. Kemudian tap untuk mengaktifkan.

4. Restrict Background Data (batasi penggunaan data di background)

  • Cara menghemat kuota data internet dapat dilakukan dengan batasi penggunaan data di background. Nah untuk memberhentikan data blackground silahkan anda pergi ke menu Settings//Data Usage//Tap tiga garis vertikal di kanan atas//Restrict background data// lalu klik OK

5. Indentifikasi Aplikasi yang Membuat Kuota Data Cepat Habis

  • Cara kelima menghemat kuota data internet dapat dilakukan dengan meng-indentifikasikan aplikasi yang membuat kuota anda cepat habis. Nah untuk mengetahui aplikasi yang menyedot data anda, silakan buka menu Setting lalu buka Data Usage kemudian scroll ke bawah serta temukan aplikasi yang banyak menyedot kuota data anda. Anda dapat uninstall aplikasi yang memakan banyak data anda, kemudian ganti dengan aplikasi baru yang tidak terlalu banyak menyedot data kuota.

6. Batasi Penggunaan Data di Berbagai Aplikasi

  • Selanjutnya cara menghemat kuota data internet yakni dapat melakukan dengan membatasi data di masing-masing aplikasi anda. Caranya yakni dengan masuk ke menu Setting, contoh Google Photo, silahkan anda bisa pergi ke menu Setting//Back Up dan Sync. Hal tersebut dapat menghemat kuota data internet anda.

7. Batasi Ppdate Aplikasi Kecuali dengan WiFi

  • Apabila anda memakai Google Play Stote, maka secara otomatis ponsel android anda akan Update aplikasi yang ada di play store tersebut, Biasanya update tersebut memakan kuota data yang cukup besar. Nah untuk mencegah hal ini anda bisa menggunakan jaringan Wifi, untuk mengaktifkan wifi ke Google play store silahkan anda masuk ke menu Setting//Auto-update apps//Auto-update apps over WiFi Only.
Nah itu lah 7 Cara Menghemat Kuota Internet/Data di Android, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk anda semua. Silahkan anda baca juga artikel terpopuler dari kami Cara Membuat Baterai Android Seperti Baru Lagi dan Cara Membuat Video Dubsmash di Android. Jika anda ingin mendapatkan informasi tetang aplikasi terbaru dan game terbaru setiap harinya, silahkan kunjungi terus website yang satu ini. Terima kasih.